Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan KB MKJP Pada Wanita Usia Subur di Provinsi Aceh (Analisis Data SDKI 2017)

Harahap, Nurul Fadillah (2022) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan KB MKJP Pada Wanita Usia Subur di Provinsi Aceh (Analisis Data SDKI 2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NURUL (REVISI).pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I NURUL.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II NURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III NURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV NURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V NURUL.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NURUL.pdf

Download (480kB)

Abstract

Saat Ini Indonesia terus menghadapi berbagai masalah demografi yakni tingginya angka fertilitas dan laju pertumbuhan. Dengan ini pemerintah berupaya menurunkan angka fertilitas melalui program KB yang melibatkan penggunaan alat kontasepsi. Metode kontrasepsi jangka panjang ialah metode yang paling berhasil, namun berdasarkan SDKI tahun 2017 hanya 13,2% wanita kawin usia subur yang menggunakan MKJP, sementara target yang ditetapkan RPJMN tahun 2016 yakni 21,1%. Provinsi Aceh sendiri merupakan Provinsi dengan penggunaan kontrasepsi paling rendah di antara 4 provinsi lain dengan jumlah penduduk terbesar yaitu banten (61,6%), Jawa Barat (63,3%), Jawa Tengah (65,7%), dan JawaTimur (69,8%). Maka dari itu pernelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada wanita usia subur di Provinsi Aceh (Aanalisis: Data Sekunder SDKI 2017). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder dan menggunakan desain studi cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 812 wanita usia subur yang menggunakan KB. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji chi square untuk melihat hubungan dari setiap variabelnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara usia, pekerjaan, kunjungan Faskes, dan informasi Nakes dengan KB MKJP pada wanita usia subur, dimana nilai signifikansinya > (0,05). Sementara terdapat hubungan antara pendidikan dan status ekonomi dengan KB MKJP pada wanita usia subur, dimana nilai signifikansinya < (0,05). Maka dari itu diharapkan kepada masyarakat untuk saling mendukung wanita yang memiliki kemauan lebih untuk menggunakan KB untuk mengatur jarak kehamilan dan menjaga kesehatan ibu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usia, Pekerjaan, Pendidikan, dan Status Ekonomi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:10
Last Modified: 11 Apr 2023 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item