Penerapan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Yang di Sebabkan Keadaan Sarana Belajar Siswa Mal UINSU

Sitorus, Ade Irma Suryani (2022) Penerapan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Yang di Sebabkan Keadaan Sarana Belajar Siswa Mal UINSU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi masalah sarana belajar yang di alami siswa MAL UINSU, penelitian adalah penilitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan dua siklus, dimana setiap diklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIK MAK UINSU yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini dilaksankan II siklus, setiap siklus memiliki satu pertemuan dengan alokasi 45 menit. Untuk mengetahui siswa yang memiliki masalah yang tinggi terhadap sarana belajar, peneliti memberikan AUM PTSDL kepada 48 siswa. Kemudian setelah mengolah data AUM tersebut diambil 10 orang siswa dengan masalah tertinggi untuk mengikuti layanan konseling kelompok. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa sebelum pemberian layanan koseling kelompok, masalah yang dimiliki siswa terhadap sarana belajar tergolong tinggi. Setelah diberikan konseling kelompok pada siklus I masih belum terjadi penurunan terhadap masalh siswa, sehingga peneliti melanjutkan pada siklus ke II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II adanya penurunan masalah yang dialami siswa. Berdasarkan penelitian ini yang telah peneliti lakukan, maka layanan konseling kelompok efektif dilakukan untuk membantu mengurangi masalah kesulitan belajar yang disebabkan saran belajar siwa MAL UINSU.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarana belajar, Layanan Konseling Kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:59
Last Modified: 06 Apr 2023 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18519

Actions (login required)

View Item View Item