Hubungan Perilaku Keluarga Dalam Penyediaan Makanan Terhadap Status Gizi Lansia di Desa Pulo Dogom Kabupaten Labuhanbatu Utara

Zuhra, Dinda (2022) Hubungan Perilaku Keluarga Dalam Penyediaan Makanan Terhadap Status Gizi Lansia di Desa Pulo Dogom Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (448kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyediaan makan yang diberikan keluarga kepada lansia sebaiknya menyajikan makanan dalam variasi yang beragam, Sehingga seorang lansia akan lebih tertarik untuk mengkosumsinya, namun makanan yang diberikan kepada lansia perlu diperhatikan dalam jumlah, bentuk serta kualitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan perilaku keluarga dalam penyediaan makanan terhadap status gizi lansia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang menyediakan makanan untuk lansia. Alat atau instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi pada variabel kategorik, distribusi sentral dan sebaran pada variabel numerik dengan uji univariat dan uji bivariat yang menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan keluarga (p=0,018), sikap keluarga (p=0,003), tindakan keluarga (p=0,041). Perilaku keluarga dalam penyediaan makanan pada lansia dalam kategori kurang, melalui penelitian ini diharapkan pihak puskesmas bisa menjadi edukator, fasilitator dalam pemberian informasi yang berkaitan dengan gizi, dan keluarga sadar terhadap pentingnya gizi pada lansia yang diaplikasikan dalam penyususunan menu makanan lansia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keluarga, Penyediaan Makanan, Status Gizi, Lansia
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Apr 2023 08:01
Last Modified: 05 Apr 2023 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item