Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di UPT Puskesmas Sialang Buah

Khairani, Nisa (2022) Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di UPT Puskesmas Sialang Buah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pelayanan pada Puskesmas menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kepuasan pasien. Pada Puskesmas Sialang Buah masih ada beberapa hal yang perlu di penuhi seperti jumlah petugas yang belum sesuai standar puskesmas perkotaan non perawatan, kedisiplinan petugas, fasilitas serta sarana pelayanan kesehatan yang belum sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan berdasarkan faktor dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, kenyamanan, hubungan antar manusia, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Jumlah populasi pada penelitian ini yakni sebanyak 6.700 responden. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh seluruh variabel berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Sialang Buah adalah kompetensi teknis (p=0,000), kenyamanan (p=0,000), ketepatan waktu (p=0,000), akses terhadap pelayanan (p=0,0000), hubungan antar manusia (p=0,000). Saran kepada petugas kesehatan agar lebih ramah dalam melayani pasien, serta diharapkan kepada semua pihak yang ada di Puskesmas Sialang Buah untuk menjaga kebersihan lingkungan dan toilet. Selain itu diharapkan petugaskesehatan konsisten terhadap waktu pelayanan terhadap pasien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan kesehatan, Kepuasan, Pasien BPJS di Puskesmas
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:44
Last Modified: 05 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18491

Actions (login required)

View Item View Item