Ulfa, Ulfa (2023) Analisis Metode Bermain Peran Dalam Perkembangan Prilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kutacane. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER.pdf Download (927kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Download (441kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (356kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Metode Bermain Peran dalam Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kutacane”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane sebelum pelaksanaan metode bermain peran, 2) Pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane, 3) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane. Jenis penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi pengamatan pada anak didik di kelas B Marwah, wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua murid, dan dokumentasi di TK Negeri Pembina Kutacane. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane sebelum pelaksanaan metode bermain peran masih banyak anak-anak yang belum menunjukkan perilaku prososial. Pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane anak mau menunjukkan perilaku prososial sesuai indikator perkembangan perilaku prososial anak berkembang sesuai harapan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane ialah lingkungan sekitar anak yang terutama adalah keluarga orang tua, guru, teman sebaya anak serta situasi lingkungan yang mempengaruhi banyak sedikitnya kesempatan anak untuk mengembangkan perilaku prososial.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran, Perilaku Prososial. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:15 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 03:49 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18465 |
Actions (login required)
View Item |