Analisis Metode Bermain Peran Dalam Perkembangan Prilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kutacane

Ulfa, Ulfa (2023) Analisis Metode Bermain Peran Dalam Perkembangan Prilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kutacane. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Metode Bermain Peran dalam Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kutacane”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane sebelum pelaksanaan metode bermain peran, 2) Pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane, 3) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane. Jenis penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi pengamatan pada anak didik di kelas B Marwah, wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua murid, dan dokumentasi di TK Negeri Pembina Kutacane. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane sebelum pelaksanaan metode bermain peran masih banyak anak-anak yang belum menunjukkan perilaku prososial. Pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane anak mau menunjukkan perilaku prososial sesuai indikator perkembangan perilaku prososial anak berkembang sesuai harapan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode bermain peran dalam perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kutacane ialah lingkungan sekitar anak yang terutama adalah keluarga orang tua, guru, teman sebaya anak serta situasi lingkungan yang mempengaruhi banyak sedikitnya kesempatan anak untuk mengembangkan perilaku prososial.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Perilaku Prososial.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:15
Last Modified: 02 Jun 2023 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item