Analisis Risiko Manual Handling dan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Sentral Pengolahan Pos Medan 20900

Aulia, Ulfa (2022) Analisis Risiko Manual Handling dan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Sentral Pengolahan Pos Medan 20900. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ULFA AULIA.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB I ULFA AULIA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II ULFA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III ULFA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV ULFA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB V ULFA AULIA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ULFA AULIA.pdf

Download (966kB)

Abstract

Perusahaan pengiriman dan penyimpanan barang melakukan manual handling. Hal ini dilihat dari seringnya para melakukan karyawan dengan posisi berdiri dan karyawan secara terus menerus, postur kerja yang tidak nyaman dan terpaksa (seperti membungkuk, jongkok, maupun duduk), membawa dengan cara mengangkat beban material yang berat, memerlukan pengerah tenaga yang berlebihan, serta kondisi lingkungan kerja yang panas didalam ruangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mix Method), yaitu pendekatan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis risiko manual handling dan keluhan muskuloskeletal disorders pada karyawan di PT. Pos Indonesia (Persero) Sentral Pengolahan Pos Medan 20900. Metode kualitatif digunakan untuk mengetahui sejauh mana keluhan muskuloskeletal disorders yang dialami karyawan. Sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui tingkat risiko penanganan manual terkait dengan keluhan muskuloskeletal disorders. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua variabel meliputi umur, kebiasaan merokok dan suhu lingkungan memiliki hubungan dengan tingkat risiko manual handling. Diantara 3 variabel yang termasuk ke dalam kandidat multivariat, ada dua variabel yang memiliki p-value 0,05 dan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi risiko manual handling yaitu dengan p 0,003 dan OR sebesar 14,216 serta suhu dengan p 0,005 dan OR sebesar 0,204 namun tidak bermakna tetapi tetap masuk ke pemodelan sebagai komponen agar tidak menyebabkan perubahan nilai OR yang sangat signifikan. Ada hubungan antara umur, kebiasaan merokok dan suhu lingkungan dengan tingkat risiko manual handling yang menyebabkan keluhan musculoskeletal disorders pada karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Sentral Pengolahan Pos Medan 20900.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manual handling, keluhan muskuloskeletal disorders, Nordic Body Maps, tingkat risiko, karyawan PT. Pos Indonesia (Persero)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Apr 2023 14:46
Last Modified: 04 Apr 2023 14:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item