Monitoring Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien JKN Menggunakan Konsep Rantai Nilai di Puskesmas Lau Baleng Kabupaten Karo

Situmorang, Sri Rahayu (2022) Monitoring Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien JKN Menggunakan Konsep Rantai Nilai di Puskesmas Lau Baleng Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover sri rahayu situmorang (2).pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB I watermark pdf.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II watermark pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III water mark pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV water mark pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
BAB V water mark pdf.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA watermark pdf.pdf

Download (685kB)

Abstract

Sistem rujukan di Puskesmas Lau Baleng Kabupaten Karo mengatur pemberian tugas serta tanggung jawab dalam pelayanan kesehatan baik dalam pasca rujukan, proses rujukan, dan setelah prarujukan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil monitoring pelaksanaan sistem rujukan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menggunakan konsep rantai nilai di Puskesmas Lau Baleng Kabupaten Karo. Jumlah kunjungan di Puskesmas Lau Baleng dalam 2 tahun terakhir mengalami peningkatan, yaitu sekitar 11. 783 pasien. Dan diawal 2021 jumlah pasien bertambah dengan jumlah 13.306 pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan berupa pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam dan observasi beserta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan mulai dari pelaksanaan aktivitas langsung pada saat pra rujukan terjadi beberapa masalah seperti keterlambatan dalam pengantaran berkas, banyak data yang tidak terdaftar, dan beberapa rujukan yang tidak sesuai. Pada saat proses rujukan juga terdapat hambatan yaitu jaringan internet yang tidak memungkinkan sehingga data- data pasien lambat untuk didaftarkan, terlalu lama pasien mendapatkan surat rujukan dari puskesmas untuk mendapatkan pelayanan dengan segera. Dan pada pasca rujukan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan aktivitas penunjang mulai dari budaya organisasi dan sumber strategik yang dilihat dari komunikasi antara petugas kesehatan dengan sesama petugas kesehatan cukup baik. Dan juga petugas kesehatan dengan pasien juga berkomunikasi dengan cukup baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Rujukan, monitoring, Puskesmas Lau Baleng.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:29
Last Modified: 03 Apr 2023 05:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18418

Actions (login required)

View Item View Item