Shidqi, Muhammad Naufal (2022) Penerapan Metode Natural Languange Processing Pada Chatbot Telegram. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (653kB) |
Abstract
Media sosial dapat membantu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat melakukan obrolan tanpa dibatasi jarak, salah satunya adalah Telegram. Terdapat fitur utama yang disediakan oleh Telegram untuk melakukan obrolan yaitu Chat Messenger. Beberapa instansi memanfaatkan Chat Messenger sebagai layanan Customer Service. Poltekpar mempunyai website untuk memberikan informasi seputar tes masuk perguruan tinggi dan ada juga mereka menyediakan Frequently Ask Question (FAQ) bagi mahasiswa yang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan yang diinginkan o1eh pengunjung website. Frequently Ask Question (FAQ) merupakan elemen paling penting dan tidak terpisahkan dari sebuah website. FAQ adalah sebuah tulisan yang dirancang untuk menjawab pertanyaan terkait suatu informasi, FAQ biasanya dibuat berupa pertanyaan mengenai segala hal yang berkaitan dengan layanan. Dalam penelitian ini untuk memaksimalkan otomatisasi FAQ akan dibuat sebuah Chatbot. Untuk melakukan proses pembuatannya menggunakan metode Natural Language Processing (NLP), diterapkan pada Messenger Telegram dan sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python. Hasil dari penelitian ini sebuah Chatbot di Politeknik Pariwisata Medan (Poltekpar) dengan kemampuan bisa mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa, Chatbot akan menjawab pertanyaan secara otomatis, antara lain terkait informasi pendaftaran kuliah, informasi tentang Pariwisata Medan (Poltekpar) dan informasi sistem perkuliahan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Frequently Ask Question, Natural Language Processing, Python, Telegram |
Subjects: | 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 07:58 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 07:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18393 |
Actions (login required)
View Item |