Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di SMP Negeri 3 Sunggal

Noviyanti, Amelia (2022) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di SMP Negeri 3 Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text
2. BAB I_2.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB IV_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
6. BAB V_6.pdf

Download (67kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA_7.pdf

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran diskursif dan diskursus multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 3 Sunggal tahun ajaran2021- 2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A yang dilakukan secara random assignment. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Uji prasyaratnya adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil temuan ini menunjukkan: 1). Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Diskursif di kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal pada materi peluang pada hasil perhitungan uji paired t-test, memperoleh nilai Thitung < Ttabel = 56,5 < 63 sehingga menolak Ho dan menerima Ha. 2). Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) di kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal pada materi peluang pada hasil perhitungan paired t-test, memperoleh nilai Thitung < Ttabel = 58,5 < 64 sehingga menolak Ho dan menerima Ha. 3). Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi (DMR) di SMP Negeri 3 Sunggal pada materi peluang pada hasil perhitungan independent t-test, memperoleh nilai Thitung >Ttabel = 6,64 > 1,96 sehingga menerima Ho dan menolak Ha. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran diskursif dan diskursus multi representasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran selanjutnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:22
Last Modified: 30 Mar 2023 05:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item