Noviyanti, Amelia (2022) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di SMP Negeri 3 Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1 COVER.pdf Download (889kB) |
|
Text
2. BAB I_2.pdf Download (107kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
5. BAB IV_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
6. BAB V_6.pdf Download (67kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA_7.pdf Download (999kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran diskursif dan diskursus multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 3 Sunggal tahun ajaran2021- 2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A yang dilakukan secara random assignment. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Uji prasyaratnya adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil temuan ini menunjukkan: 1). Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Diskursif di kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal pada materi peluang pada hasil perhitungan uji paired t-test, memperoleh nilai Thitung < Ttabel = 56,5 < 63 sehingga menolak Ho dan menerima Ha. 2). Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) di kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal pada materi peluang pada hasil perhitungan paired t-test, memperoleh nilai Thitung < Ttabel = 58,5 < 64 sehingga menolak Ho dan menerima Ha. 3). Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi (DMR) di SMP Negeri 3 Sunggal pada materi peluang pada hasil perhitungan independent t-test, memperoleh nilai Thitung >Ttabel = 6,64 > 1,96 sehingga menerima Ho dan menolak Ha. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran diskursif dan diskursus multi representasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran selanjutnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Diskursif dan Diskursus Multi Representasi. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 05:22 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 05:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18360 |
Actions (login required)
View Item |