Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Energi Untuk Meningkatkan Berpikir Ilmiah

D, Nurul Ilmi Syrath (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Energi Untuk Meningkatkan Berpikir Ilmiah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NURUL ILMI SD.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB I NURUL ILMI SD.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II NURUL ILMI SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB III NURUL ILMI SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB IV NURUL ILMI SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V NURUL ILMI SD.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NURUL ILMI SD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran untuk menuntut keaktifan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis pendekatan saintifik materi energi untuk meningkatkan berpikir ilmiah. Penelitian ini dilakukan dengan metode Reserch and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes. Hasil penelitian ini mendapatkan skor persentase ahli materi 98,26% pada kategori “sangat layak” dan ahli media dengan skor persentase 84,44% pada kategori “sangat layak”. Angket respon peserta didik di isi oleh 27 responden dengan memperoleh persentase 96,16% pada kategori “sangat praktis”. Pada tahap uji coba keefektifan LKPD berbasis pendekatan saintifik materi energi untuk meningkatkan berpikir ilmiah mendapatkan skor 0,67 pada kategori “efektif”. Dengan demikian diperlukannya LKPD berbasis pendekatan saintifik dengan materi lain agar dapat meningkatkan berpikir ilmiah peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Ilmiah, LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik, dan Materi Energi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:03
Last Modified: 30 Mar 2023 04:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18343

Actions (login required)

View Item View Item