Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Pada Produk Pembiayaan BSI Cicil Emas (Studi Kasus PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang)

Nurhayani, Syari (2022) Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Pada Produk Pembiayaan BSI Cicil Emas (Studi Kasus PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Produk pembiayaan BSI cicil emas merupakan salah satu produk unggulan yang terdapat di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota pinang. Namun seiringi dengan berkembangnya industri perbankan di Indonesia komunikasi pemasaran perlu dilakukan untuk menghadapi persaingan terutama pada produk pembiayaan BSI cicil emas. Pentingnya komunikasi pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) pada produk BSI cicil emas di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang, kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) pada produk pembiayaan BSI cicil emas di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang. Adapun metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa wawancara dengan karyawan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang serta observasi dengan menggunakan mata dan telinga sebagai jendela untuk merekam data dan dokumentasi yang berkaitan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) yang dilakukan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang dengan cara periklanan (Advertising), promosi penjualan (Sales Promotion), hubungan masyarakat (Public Relation), penjualan pribadi (Personal Selling) dan pemasaran langsung (Direct Marketing). Kendala yang dihadapi dalam penerapan integrated marketing communication yaitu penyampaian yang kurang tepat sasaran dan masih kurangnya pemahaman terhadap pembiayaan BSI cicil emas. Solusi yang digunakan PT. Bank Syariah Indonesia adalah harus lebih pintar dalam menganalisis kebutuhan calon nasabah dan menjelaskan jika produk tersebut sesuai syariah agar dikemudian hari tidak terjadi miss komunikasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan, komunikasi pemasaran, Integrated Merketing Communication (IMC),
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:21
Last Modified: 30 Mar 2023 03:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item View Item