Hubungan kondisi fisik lingkungan rumah dengan keluhan penyakit ISPA pada Balita diwilayah Tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Terjun Kecamatan Medan Marelan

Dalimunthe, Nila Sari (2022) Hubungan kondisi fisik lingkungan rumah dengan keluhan penyakit ISPA pada Balita diwilayah Tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Terjun Kecamatan Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NILA SARI.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB I NILA SARI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II NILA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III NILA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV NILA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V NILA SARI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NILA SARI.pdf

Download (894kB)

Abstract

Infeksi saluran pernafasan akut merupakan penyakit menular dari saluran pernapasan atas atau bawah yang dapat menimbulkan berbagai spectrum Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Hubungan kondisi fisik lingkungan rumah dengan keluhan ISPA pada balita di wilayah tempat pembuangan akhir sampah TPA Terjun kecamatan Medan Marelan. Jenis penelitian ini kuantitatif survey analitik ,dengan pendekatan cross sectional besar sampel sebanyak 95 ibu balita, cara pengambilan data dengan Random sampling pengumpulan data observasi, wawancara/kuisioner dan pengukuran. Analisis data dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat (uji Chisquare ). Hasil penelitian univariad distribusi balita yang mengalami keluhan ISPA sebanyak 45.3% . Analisis bivariat yang mempunyai hubungan antara variabel pencahayaan alami dengan keluhan penyakit ISPA dengan nilai p = 0.015 (p < 0.05). Ada hubungan kelembapan udara dengan keluhan penyakit ISPA dengan nilai p = 0.042 (p < 0.05), Ada hubungan antara kepadatan hunian dengan keluhan penyakit ISPA dengan nilai p = 0.046 (p < 0.05), Ada hubungan suhu ruagan dengan keluhan penyakit ISPA dengan nilai p = 0.030 (p < 0.05), di wilayah tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Terjun kecamatan Medan Marelan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keluhan ISPA, kondisi fisik lingkungan rumah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:14
Last Modified: 29 Mar 2023 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item