Pemaknaan Nongkrong Di Kafe Sebagai Aktivitas Milenial Di Kota Pematangsiantar (Studi Fenomologi Terhadap Pengunjung Kafe Di Kota Pematangsiantar)

Fahtoni, Hidayah (2022) Pemaknaan Nongkrong Di Kafe Sebagai Aktivitas Milenial Di Kota Pematangsiantar (Studi Fenomologi Terhadap Pengunjung Kafe Di Kota Pematangsiantar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER HIDAYAH.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB I HIDAYAH.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II HIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
BAB III HIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV HIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V HIDAYAH.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HIDAYAH.pdf

Download (371kB)

Abstract

Kafe merupakan produk yang dibawa oleh modernitas. Menurut Kusasi (2010), pada awal munculnya, budaya kafe sebagai gaya hidup merupakan budaya elite dimana hanya masyarakat dari golongan orang kaya yang menjadikan kegiatan ke kafe sebagai gaya hidup. Namun, saat ini kafe dapat dinikmati oleh semua golongan dan dijadikan sebagai gaya hidup modern, termasuk daerah sub- urban. Salah satunya Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekataan fenomenologi. Penelitian ini lebih menekankan pada pengalaman individu dalam memaknai suatu realitas. Selain itu, pengalaman dari masing-masing individu berbeda terutama pengalaman dalam memaknai aktivitas nongkrong di kafe. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pemaknaan pengunjung kafe terhadap aktivitas nongkrong di kafe pada Kota Pematangsiantar yang kemudian dijadikan sebagai sebuah gaya hidup milenial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh informan dalam penelitian ini memiliki pengalaman melakukan aktivitas nongkrong di kafe pada kota besar. Pengalaman tersebut kemudian mereka bawa ketika kembali ke Kota Pematangsiantar dengan melakukan aktivitas nongkrong. Para informan setuju dalam menyebutkan bahwa aktivitas nongkrong di kafe merupakan aktivitas milenial. Mereka mengidentifikasi aktivitas nongkrong di kafe sebagai kebutuhan untuk eksistensi diri dan prestise.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nongkrong, Kafe, Gaya Hidup, Eksistensi, Fenomenologi, Interaksionis Simbolik.
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:54
Last Modified: 17 Mar 2023 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18196

Actions (login required)

View Item View Item