Respon Masdrasah Aliyah Al-Washliyah 30 Kota Binjai terhadap kebijakan pemerintah tentang Kurikulum madrasah Tahun 1984-2020

Hannum, Ikhsanti (2022) Respon Masdrasah Aliyah Al-Washliyah 30 Kota Binjai terhadap kebijakan pemerintah tentang Kurikulum madrasah Tahun 1984-2020. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DLL_compressed (1).pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V_compressed (1).pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAPUS DLL_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya beberapa respon yang ditunjukkan oleh Madrasah Aliyah Al-Wasliyah 30 Kota Binjai terhadap kurikulum madrasah yang diberlakukan pemerintah. Oleh karena itu tujuan penelitipan ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon-respon yang dimunculkan oleh madrasah tersebut terhadap kebijakan kurikulum madrasah yang diberlakukan oleh pemerintah dari 1984 hingga 2020. Untuk pengumpulan data-data yang diperlukan digunakan jenis penelitian sejarah dengan pendekatan retrospektif. Subjek penelitiannya adalah Madrasah Aliyah Al-Washliyah 30 Kota Binjai, dengan objek kurikulum madrasah. Sumber data utama adalah informan ditambah dengan beberapa literasi dan dokumentasi yang dapat membantu. Data-data diambil melalui teknik pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan menggunakan instrumen lembar wawancara, lembar dokumentasi dan catatan-catatan penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada intinya Madrasah Aliyah Al- Washliyah 30 Kota Binjai, menunjukkan respon positif pada setiap pemberlakuan kurikulum madrasah oleh pemerintah dari tahun 1984-2020 dalam wujud tanggapan, yaitu menerima, serta jawaban yaitu mengadaptasi dan menerapkan kurikulum yang diberlakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Al-Washliyah memberikan dua respon yaitu menanggapi dengan wujud menerima dan menjawab dalam bentuk mengadaptasi serta menerapkan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:58
Last Modified: 17 Mar 2023 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item View Item