Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Di SMA Swasta PAB 8 Saentis

Ningsih, Sri Ayu (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB1 SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB2 SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB3 SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB4 SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB5 SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAPUS dan LM SRY AYU NINGSIH BEPUS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) Kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis materi sistem persamaan linear tiga variabel. Untuk mengetahui kualitas dari produk yang dikembangkan, maka dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian 4D, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis yang berjumlah 30 siswa. Jenis data pada penelitian ini adalah kuantitaif dan kualitatif yang diperoleh dari angket dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kualitas kevalidan lembar kerja siswa memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata kevalidan yaitu 4,34 dari skor maksimal 5,00 dengan klasifikasi sangat baik. Kepraktisan lembar kerja siswa memenuhi kriteria praktis ditinjau dari angket respon siswa dengan skor rata-rata kepraktisan yaitu 4,1 dari skor maksimal 5,00 dengan klasifikasi baik. Sedangkan keefektifan lembar kerja siswa yang ditinjau dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memenuhi kriteria efektif dengan berdasarkan hasil nilai pretest dan post test dengan peningkatan persentase ketuntasan dari 6,6% menjadi 60% dengan klasifikasi baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:04
Last Modified: 15 Mar 2023 09:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18164

Actions (login required)

View Item View Item