Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Wanita Lanjut Usia (Lansia) di Rumah Qur’an Al-Muttaqin Desa Sukadamai Barat Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan

Sirait, Azyana Alda (2022) Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Wanita Lanjut Usia (Lansia) di Rumah Qur’an Al-Muttaqin Desa Sukadamai Barat Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi Azyana Alda Sirait NEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Skripsi Azyana Alda Sirait.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Azyana Alda Sirait.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Azyana Alda Sirait.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV Azyana Alda Sirait.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Azyana Alda Sirait.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Azyana Alda Sirait.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi wanita lanjut usia di rumah Qur’an Al Muttaqin. Untuk mengetahui hambatan dan solusi pembelajaran membaca Al- Qur’an bagi wanita lanjut usia di di rumah Qur’an Al Muttaqin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan study dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan credibility, transferbility, dependability, confirmability. Setelah data dianalisis maka hasil dari penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi wanita lansia di Desa Sukadamai Barat memiliki tujuan pembelajaran yaitu mewujudkan para wanita lansia yang bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid dan memberikan ketenangan hati/psikis yang baik. Materi terbagi menjadi dua, yaitu materi pokok yang meliputi materi iqra’ dan Al-Qur’an. Materi tambahan yang meliputi tahsin, pengajian, praktik shalat dan wudhu. Metode yang digunakan adalah metode iqra’, ceramah, praktik, penugasan dan tanya jawab. Media yang digunakan yaitu media cetak. Evaluasi dilakukan secara langsung saat proses pembelajaran. Hambatan dalam pembelajaran adalah kurangnya kemampuan menyerap pelajaran, menurunnya daya ingat lansia, kesulitan dalam menyebutan makharijul huruf, dan kehadiran lansia. Solusi dari hambatan yaitu melalui pengulangan, latihan dan penugasan, untuk kehadiran peserta didik solusinya adalah dengan manejemen waktu dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Wanita Lanjut Usia (Lansia)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:22
Last Modified: 15 Mar 2023 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18159

Actions (login required)

View Item View Item