Peran Orang Tua dalam mengembangkan kemandirian anak pada usia 4-6 Tahun Saat Mengerjakan Tugas Online di Rumah pada Masa Covid-19 di desa Pasar Lama Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan Tahun Ajaran 2020/2021

Nurhalisa, Aja (2021) Peran Orang Tua dalam mengembangkan kemandirian anak pada usia 4-6 Tahun Saat Mengerjakan Tugas Online di Rumah pada Masa Covid-19 di desa Pasar Lama Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER AJA NURHALISA.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB I AJA NURHALISA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II AJA NURHALISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB III AJA NURHALISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV AJA NURHALISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V AJA NURHALISA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AJA NURHALISA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tujuannya: 1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak pada usia 4-6 tahun saat mengerjakan tugas online di rumah pada masa Covid-19 di desa Pasar Lama 2) Untuk mengetahui apa-apa saja kendala orang tua tersebut dalam meningkatkan kemandirian anak pada usia 4-6 tahun saat mengerjakan tugas online di rumah pada masa Covid-19 di desa Pasar Lama Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Penulis memakai teknik penelitian kualitatif guna mengumpulkan data penelitian ini dengan memakai data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Reduksi data, tampilan data, serta penarikan kesimpulan ialah jenis analisis data yang umum. Dengan jumlah anak 8 orang, penelitian ini dilakukan di Dusun Pasar Lama, Kecamatan Labuhanhaji, Aceh Selatan. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Orang tua dapat membantu anak- anak mereka menjadi mandiri saat mengerjakan pekerjaan rumah online di rumah dengan berperan sebagai guru, fasilitator, motivator, dan pemberi pengaruh di rumah. 2) Tantangan yang dihadapi orang tua dalam membantu anaknya menjadi mandiri saat menyelesaikan PR online di rumah, antara lain tantangan dalam membangkitkan minat anak untuk mengerjakan PR online, kurangnya waktu dan pemahaman orang tua terhadap mata pelajaran, ketidaksabaran orang tua dalam menunggu sementara anaknya menyelesaikan tugas mereka, dan kurangnya sumber daya seperti ponsel dan kuota.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kemandirian Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:42
Last Modified: 14 Mar 2023 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item