Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di MIS Al Hidayah Patumbak

Ningsih, Indah Pratiwi (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di MIS Al Hidayah Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi cover-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1-1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 2-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 3-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5 (1).pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Mengetahui hasil Belajar Matematika siswa tanpa menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 2). Mengetahui hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 3). Mengetahui pengaruh yang signifikan dalam menggunaan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment (eksperimen semu).Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 50 siswa.Kelas kontrol terdiri dari 25 siswa dan kelas eksperimen 25 siswa. Instrument test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah di validkan oleh dosen ahli dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini sebagai berikut: Hasil belajar Matematika pada kelas eksperimen (IV-A) dengan menggunakan metode tutor sebaya diperoleh nilai rata-rata 87,60 sedangkan kelas kontrol (IV-B) dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata Post-test 76,00. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya memiliki hasil belajar yang lebih baik. Berdasarkan Uji statistik t pada post test bahwa di peroleh thitung>ttabel3,483>2.011 (n=25) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Hadan tolak Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Tutor Sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika kelas IV di MIS Al Hidayah Patumbak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:29
Last Modified: 14 Mar 2023 07:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18135

Actions (login required)

View Item View Item