Implementasi Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran IPA Materi Kerangka Manusia Kelas IV SDN 0701 Rotan Sogo, Kec. Hutaraja Tinggi, Kab. Padang Lawas

Siregar, Ilmi (2021) Implementasi Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran IPA Materi Kerangka Manusia Kelas IV SDN 0701 Rotan Sogo, Kec. Hutaraja Tinggi, Kab. Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skpripsi cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi bab 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
skripsi bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
skripsi bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
skripsi bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
skripsi bab 5.pdf

Download (188kB)
[img] Text
skripsi daftar pustaka.pdf

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Implementasi Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran IPA Materi Kerangka Manusia, (2) Hambatan Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran IPA Materi Kerangka Manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SDN 0701 Rotan Sogo yang terletak di Desa Sibodak sosa Jae Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan Triangulasi dan Teknik. Kemudian data dianalisis menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan ialah (1) Implementasi penggunaan media puzzle, memudahkan pendidik ketika proses pembelajaran, konsep materi yang awalnya bersifat abstrak bisa dijelaskan menjadi lebih rinci dan dengan media puzzle juga merangsang, membangkitkan minat dan semangat belajar siswa serta membuat siswa menjadi multi-aktif. (2) Implementasi Penggunaan Media Puzzle memiliki hambatan, yaitu Kurangnya inovasi pendidik ketika menggunakan media pembelajaran sehingga kegiatan proses pembelajaran memakai waktu sedikit lebih lama. Kurangnya pengetahuan pendidik bagaimana teknik dasar dalam menyusun puzzle dengan cepat dan tepat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Penggunaan Media Puzzle, Pembelajaran IPA, Kerangka Manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:10
Last Modified: 14 Mar 2023 07:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item