Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di RA Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil

Asfia, Rena (2021) Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di RA Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RENA ASFIA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I RENA ASFIA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II RENA ASFIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB III RENA ASFIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV RENA ASFIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V RENA ASFIA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RENA ASFIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kemandirian anak usia dini yang dipraktikkan di RA Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil serta upaya yang dilaksanakan oleh para penyuluh untuk mendidik anak usia dini dalam kemandirian. Penulis memakai teknik penelitian kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian ini dengan memakai data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan adalah jenis analisis data yang umum. Kajian ini dilaksanakan di Perhimpunan Dharma Wanita RA Kementerian Agama Kabupaten Singkil Aceh. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) bentuk kemandirian di RA Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil yakni : pertama anak bisa mengerjakan tugasnya sendiri, kedua anak tidak lagi ditemani orang tuanya dirungan, ketiga anak tidak lagi meminta bantuan kepada guru untuk menemaninya ke kamar mandi untuk membuang air kecil, dan keempat anak merapikan mainannya setelah bermain tanpa disuruh gurunya. (2) upaya guru dalam melatih kemandirian anak yakni : pertama guru memberi contoh kepada anak agar anak terbiasa dan mempunyai rasa inisiatif sendiri, Guru kedua membina lingkungan belajar yang menyenangkan, guru ketiga mendengarkan cerita anak agar mereka percaya diri mengambil keputusan sendiri, guru keempat membiarkan anak bermain sendiri sampai terlatih mengembangkan ide dan berpikir, dan guru kelima guru mendukung inisiatif anak dan keputusannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kemandirian Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:30
Last Modified: 14 Mar 2023 03:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item