Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Keluhan Penyakit Kulit Dermatitis di Desa Bukit Maraja Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun

Amal, Muhammad Ichlasul (2022) Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Keluhan Penyakit Kulit Dermatitis di Desa Bukit Maraja Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER M ICHLASUL AMAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 M ICHLASUL AMAL.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB 2 M ICHLASUL AMAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 M ICHLASUL AMAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 M ICHLASUL AMAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 M ICHLASUL AMAL.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAPUS M ICHLASUL AMAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu jenis penyakit kulit yang umum terjadi di masyarakat yaitu penyakit dermatitis. Dermatitis atau juga dikenal dengan eksim yakni penyakit kulit yang menyerang bagian dari epidermis dimana dapat menyebabkan sifat yang akut atau bahkan kronis, hal tersebut dikarenakan personal hygiene dan sanitasi lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan keluhan penyakit kulit dermatitis di Desa Bukit Maraja Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Pegambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 82 orang. Adapun data yang diperoleh berdasarkan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji chi-square dengan nilai alpha 0,005. Uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan keluhan penyakit kulit dermatitis di Desa Bukit Maraja Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun dimana pada kebersihan tangan,kaki dan kuku diperoleh p=0,004, kebersihan pakaian diperoleh p=0,000, kebersihan handuk diperoleh p=0,040, kebersihan tempat tidur dan seprai diperoleh p=0,007, sarana jamban diperoleh p=0,000, SPAL diperoleh p=0,002, dan sarana pembuangan sampah diperoleh p=0,000. Tidak ada hubungan yang signifikan pada kebersihan kulit dengan p=0,109 dan sarana air bersih dengan p=0,761. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan signifikan terhadap kebersihan tangan,kaki dan kuku, kebersihan pakaian, kebersihan handuk, kebersihan tempat tidur dan seprai, sarana jamban, SPAL dan sarana pembuangan sampah. Tidak ada hubungan signifikan terhadap kebersihan kulit dan sarana air bersih.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:39
Last Modified: 24 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item View Item