Analisis Peran Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Kerawang Gayo dalam Kajian Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengrajin Kerawang Gayo di Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah).

Nisfah, Ummu Khoirotun (2022) Analisis Peran Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Kerawang Gayo dalam Kajian Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengrajin Kerawang Gayo di Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (14).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (11).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekonomi kreatif berbasis budaya lokal di Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah untuk meningkatkan pendapatan para pengrajin Kerawang Gayo dalam kajian Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif; sumber data primer dan sekunder digunakan, dan prosedur pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik, pengrajin dan beberapa pihak desa yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peran ekonomi kreatif berbasis budaya lokal yang dijalankan oleh para pengrajin Kerawang Gayo di Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah sangat membantu para pengrajin dalam mencukupi kebutuhan ekonominya dan dapat meningkatkan pendapatan dibandingkan dengan sebelum menjalankan usaha Kerawang Gayo. Dalam menjalankan usahanya, para pengrajin juga rata-rata sudah mengikuti pelatihan dari pemerintah agar kualitas dan kreativitas maupun inovasi dapat terus berkembang sehingga akan berdampak kepada tingkat pendapatannya. Serta selama menjalankan usahanya, para pengrajin Kerawang Gayo juga telah menerapkan Prinsip Ekonomi Islam seperti adl (keadilan), kehendak bebas, prinsip tanggungjawab dan kebenaran sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Mengingat Kerawang Gayo merupakan produk lokal unggulan di daerahnya, penelitian ini dilakukan agar mampu untuk menjadikan Kerawang Gayo menjadi produk lokal yang dikenal oleh masyarakat luas dan dapat untuk terus berkembang kedepannya, sehingga dapat terus meningkatkan pendapatan para pengrajin Kerawang Gayo.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran ekonomi kreatif, budaya lokal, pendapatan, Kerawang Gayo, kajian Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:48
Last Modified: 13 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18092

Actions (login required)

View Item View Item