Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Konsep Diri Positif Remaja pada Saat Pembelajaran Daring di LK II Kelurahan Jati Utomo

Syafitri, Ramadani (2021) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Konsep Diri Positif Remaja pada Saat Pembelajaran Daring di LK II Kelurahan Jati Utomo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya remaja-remaja yang memiliki konsep diri yang rendah khususnya dalam situasi masa pandemi covid-19 ini. Hal- hal yang ditemukan adalah para remaja merasa pembelajaran daring tidak efektif, kesulitan memahami materi yang diberikan, lelah dengan tugas yang semakin menumpuk, hingga tidak yakin dengan kemampuannya sendiri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian merupakan penelitian Pre-eksperimen yang hanya menggunakan kelompok eksperimen tanpa menggunakan kelompok kontrol, dengan one group pre-test and post test design yang dilakukan untuk meningkatkan konsep diri positif remaja di LK II Kelurahan Jati Utomo, Binjai Utara, Kota Binjai. Metode pengumpulan data menggunakan angket skala konsep diri. Berdasarkan hasil pretest terdapat 8 remaja dengan kategori konsep diri sedang hingga rendah untuk diberikan perlakuan yaitu layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis data uji t paired samples test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai 39,137 > 2,365 maka ditolak dan diterima maka terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan konsep diri positif remaja di LK II Kelurahan Jati Utomo.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Positif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 09:53
Last Modified: 08 Mar 2023 09:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item