Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada Materi Prisma di Kelas VIII SMP IT Baiti Jannati

Rahmah, Siti (2021) Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada Materi Prisma di Kelas VIII SMP IT Baiti Jannati. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES pada materi prisma, mengetahui perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES pada materi prisma, dan mengetahui perbedaan antara kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES pada materi prisma. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Baiti Jannati tahun ajaran 2021- 2022 yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 17 siswa diperoleh dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES pada materi prisma; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES pada materi prisma; 3) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES pada materi prisma. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran ROPES.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran ROPES
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:21
Last Modified: 08 Mar 2023 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item