Penerapan Media Tutup Botol Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pelangi Desa Silau Malela

Saragih, Dini Novia Sari (2021) Penerapan Media Tutup Botol Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pelangi Desa Silau Malela. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover DINI NOVIA.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan kognitif anak sebelum menggunakan media tutup botol pintar di PAUD Pelangi. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media tutup botol pintar di PAUD Pelangi. 3) Kemampuan kognitif anak setelah menggunakan media tutup botol pintar di PAUD Pelangi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 15 orang anak. Objek penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk dokumentasi berupa foto, wawancara, test yang terbagi menjadi dua yaitu pre test dan post test, dan lembar observasi berbentuk checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan kognitif pada anak meningkat setelah adanya tindakan melalui media tutup botol pintar. Hasil yang di peroleh selama pra tindakan, siklus I dan siklus II yaitu: 1) Pada saat Pra Tindakan anak yang belum berkembang pada kemampuan kognitif terdapat 4 anak (26,7%). 2) Setelah melakukan tindakan pada siklus I, anak yang mengalami peningkatan kemampuan kognitif berjumlah 8 (53,3%) anak yang memperoleh mulai berkembang dan 7 (46,7%) anak memperoleh berkembang sesuai harapan (BSH), tapi jumlah anak yang mengalami peningkatan belum mencapai keberhasilan klasikal, oleh karena itu harus dilakukan perbaikan pada siklus II. 3) Setelah siklus II dilakukan, jumlah anak yang mengalami peningkatan 13 anak (86,7%). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui media tutup botol pintar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Tutup Botol Pintar, Kemampuan Kognitif.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:44
Last Modified: 03 Mar 2023 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item