Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima Muslim Pada Malam Hari Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Di Kota Binjai

Dalimunthe, Zunaida Riska (2021) Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima Muslim Pada Malam Hari Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Di Kota Binjai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1 Zunaida Riska.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Bab 2 Zunaida Riska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Bab 3 Zunaida Riska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Bab 4 Zunaida Riska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
Bab 5 Zunaida Riska.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan D.R.HIDUP.pdf

Download (479kB)

Abstract

Pedagang kaki lima (PKL) adalah orang dengan golongan ekonomi lemah, yang berjualan barang kebutuhan sehari-hari, makanan atau jasa dengan modal yang relatif kecil, modal sendiri, atau modal orang lain, baik berjualan di tempat terlarang ataupun tidak. Bekerja di malam hari merupakan aktivitas yang kini tengah marak terutama dikota - kota, misalnya Pedagang kaki lima (PKL) muslim pada malam hari yang berada di Binjai. Dalam memasarkan produk memerlukan strategi pemasaran agar produk yang dijual laku dipasaran. Strategi pemasaran beserta kendala yang dihadapi beserta solusinya adalah latar belakang dalam penelitian ini terutama dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat kota Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pedagang kaki lima menggunakan strategi antara lain: 1. Strategi produk, mengutamakan kualitas produk. 2. Strategi harga, harga lebih murah bila dibandingkan dengan di toko atau mall. 3. Strategi tempat, menggunakan tempat yag strategis dengan lokasi pusat kota yang sering dilalui masyarakat. 4. Strategi promosi, dilakukan dengan langsung kepada konsumen dengan langsung memperlihatkan produk, serta ada diskon. 5. Strategi manusia, yaitu menjaga attitude seperti penampilan yang rapi dan bersih, sopan dalam berbicara. 6. Strategi proses, melayani konsumen dengan cepat begitu konsumen datang. 7. Strategi bukti fisik, tampilan tempat jualan yang menarik, dan susunan produk yang teratur. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi pedagang kaki lima berada pada kuadran growth dengan total skor kekuatan internal bisnis sebesar 3.39 dan total skor daya tarik industri sebesar 3.34 dimana kuadran tersebut menunjukkan situasi yang sangat menguntungkan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:21
Last Modified: 03 Mar 2023 07:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17977

Actions (login required)

View Item View Item