Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Emosional siswa di Mts Swasta AL-Ihsan Medan

Hasibuan, Nurkhopipah (2021) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Emosional siswa di Mts Swasta AL-Ihsan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah1. Bagaimana kecerdasan emosional siswa di MTs Swasta Al-Ihsan Medan 2. Bagaimana Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Swasta Al-Ihsan Medan3. Faktor Pendukung Guru BK dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MTs Swasta Al-Ihsan Medan? Jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah informan yang dapat dijadikan sumber untuk menggali informasi terkait dengan judul penelitian ini yaitu: Kepala sekolah, Guru BK, dan siswa di MTs Swasta Al-Ihsan Medan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan Bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa sudah terlaksana cukup baik, implementasi layanan Bimbingan Kelompok yang dilaksanakan oleh guru BK disekolah ini menyelipkan kisah suri tauladan rasulullah tentang bagaimana cara rasulullah mengelola emosi dan memberikan ayat al-quran sebagai penguat disetiap pemberian layanan BK khususnya layanan Bimbinngan Kelompok. Serta mengaktifkan dinamika kelompok, dimana peserta didik turut berpartisipasi aktif dalam mengikuti setiap tahapan yang ada di dalam bimbingan kelompok, pasca dilakukan Bimbingan Kelompok siswa lebih paham dan mengerti mengenai emosi dan cara pengolahan emosi yang siswa miliki. Adapun faktor pendukung guru BK dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa yaitu adanya kolaborasi yang baik antara guru BK, wali kelas guru mata pelajaran dan orang tua siswa serta kemauan siswa dalam mengaplikasikan hal yang telah dibahas secara bersama di dalam kelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:13
Last Modified: 03 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item