Ritonga, Fitri Aida (2020) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI FITRI-1.pdf Download (496kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI FITRI.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI FITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI FITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI FITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI FITRI.pdf Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SKRIPSI FITRI-1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan tanpa menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di MIS Al-IkhlasBandar Gula Utara T.A 2020/2021. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021. (3) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa di MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara yang berjumlah 52 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-A (kelas Eksperimen) yang berjumlah 27 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, Uji Wilxocon, dan Uji Mann-Whitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Konvensional memperoleh rata-rata 71,8. (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan metode Audio Visual memperoleh rata-rata 85. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,05. Jika hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Hasil Belajar Bahasa Indonesia |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:57 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17957 |
Actions (login required)
View Item |