Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021

Ritonga, Fitri Aida (2020) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI FITRI-1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI FITRI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI FITRI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SKRIPSI FITRI-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan tanpa menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di MIS Al-IkhlasBandar Gula Utara T.A 2020/2021. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021. (3) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa di MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara T.A 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara yang berjumlah 52 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-A (kelas Eksperimen) yang berjumlah 27 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, Uji Wilxocon, dan Uji Mann-Whitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Konvensional memperoleh rata-rata 71,8. (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan metode Audio Visual memperoleh rata-rata 85. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,05. Jika hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Al-Ikhlas Bandar Gula Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:57
Last Modified: 03 Mar 2023 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item