Wahyuni, Sri (2020) Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Cooperative learning Tipe Peer Teaching dan Jingsaw pada Materi Ajar Program Linier Kelas XI di Ponpes Darul Azhar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover_Skripsi_Yuni.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I_Yuni.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB_II_Yuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text
BAB_III_Yuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text
BAB_IV_Yuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text
BAB_V_Yuni.pdf Download (216kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_Yuni.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran peer teaching lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran jigsaw di kelas XI MAs Ponpes Darul Azhar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI Ponpes Darul Azhar Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), dengan hasil menunjukkan: 1). Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Peer Teaching lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Jigsaw pada materi Program Linier; 2). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Peer Teaching lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Jigsaw pada materi Program Linier; 3). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Jigsaw pada materi Program Linier; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah matematika siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peer Teaching daripada Pembelajaran Jigsaw.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Strategi Pembelajaran Peer Teaching, Strategi Pembelajaran Jigsaw |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17945 |
Actions (login required)
View Item |