Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Pada Pembelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 054890 Tanjung Baru Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat

Putri, Nadya (2022) Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Pada Pembelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 054890 Tanjung Baru Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WATERMARK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 WATERMARKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2 WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB 3 WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4 WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB 5 WATERMARK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1.) Pemanfaatan media sosial WhatsApp pada pembelajaran IPS masa pandemi covid-19. 2.) Hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan WhatsApp pada pembelajaran IPS masa pandemi covid-19. 3.) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan WhatsApp pada pembelajaran IPS masa pandemi covid-19 di SD Negeri 054890 Tanjung Baru Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wali kelas V dan VI menjadi sumber utama, kemudian 4 peserta didik. Observasi berupa observasi partisipasi pasif. Teknik analisis data dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1.) Guru telah memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran IPS dalam jaringan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen dan video call. 2.) Pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran terdapat hambatan yaitu gangguan koneksi internet (sinyal), memori penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar, kurangnya motivasi belajar, fasilitas pendukung pembelajaran online, dan sulit memahami materi. 3.) Solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran IPS dalam jaringan masa pandemi covid-19 adalah dengan meminimalisir semua kendala baik dari jaringan dengan memperpanjang waktu pengiriman tugas, membuat materi lebih sederhana, melakukan interaksi dengan video call atau interaksi seminggu sekali sesuai jadwal pertukaran buku pembelajaran, dan melakukan inovasi media seperti Google Classroom tetapi tidak meninggalkan peran penggunaan WhatsApp

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial WhatsApp, Pembelajaran IPS, Pandemi Covid 19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:27
Last Modified: 02 Mar 2023 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17943

Actions (login required)

View Item View Item