Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengajarkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hidayatussalam

Hrp, Fitri Rahmadani (2021) Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengajarkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hidayatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskikan hasil penelitian mengenai: (1) Penerapan Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun; (2) Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun; (3) Metode Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif desktiptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini adalah 16 anak usia 5-6 tahun di RA Hidayatussalam. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode bermain peran secara efektif disesuaikan dengan kesukaan peran yang dipilih anak sendiri, sebagai polisi, dokter, dijadikan untuk pengalaman kreatif, memperkarya fakta, dan memperbaiki kekurang jelasan sehingga mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran anak usia 5- 6 tahun. Yang kedua, kemampuan berbicara anak dapat dilihat dengan adanya perubahan terhadap anak, anak semakin semangat dan sungguh-sungguh dalam bercerita tentang perannya setelah dilakukannya metode bermain peran. Yang ketiga, Metode bermain peran anak menggunakan metode makro dan mikro, dalam metode bermain peran makro anak bermain peran dan menggunaan alat yang sesungguhnya seperti anak bermain peran sebagai polisi dengan menggunakan alat pistol mainan, metode bermain peran mikro yaitu bermain peran dengan menggunakan alat yang berukuran kecil, seperti si anak bermain peran sebagai dalang dan benda-benda menjadi mainannya seperti boneka jari, wayang dan sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Metode Bermain Peran, Kemampuan Berbicara
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:44
Last Modified: 02 Mar 2023 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17932

Actions (login required)

View Item View Item