Hrp, Fitri Rahmadani (2021) Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengajarkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hidayatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskikan hasil penelitian mengenai: (1) Penerapan Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun; (2) Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun; (3) Metode Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif desktiptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini adalah 16 anak usia 5-6 tahun di RA Hidayatussalam. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode bermain peran secara efektif disesuaikan dengan kesukaan peran yang dipilih anak sendiri, sebagai polisi, dokter, dijadikan untuk pengalaman kreatif, memperkarya fakta, dan memperbaiki kekurang jelasan sehingga mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran anak usia 5- 6 tahun. Yang kedua, kemampuan berbicara anak dapat dilihat dengan adanya perubahan terhadap anak, anak semakin semangat dan sungguh-sungguh dalam bercerita tentang perannya setelah dilakukannya metode bermain peran. Yang ketiga, Metode bermain peran anak menggunakan metode makro dan mikro, dalam metode bermain peran makro anak bermain peran dan menggunaan alat yang sesungguhnya seperti anak bermain peran sebagai polisi dengan menggunakan alat pistol mainan, metode bermain peran mikro yaitu bermain peran dengan menggunakan alat yang berukuran kecil, seperti si anak bermain peran sebagai dalang dan benda-benda menjadi mainannya seperti boneka jari, wayang dan sebagainya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Peran, Metode Bermain Peran, Kemampuan Berbicara |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 04:44 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 04:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17932 |
Actions (login required)
View Item |