Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Melukis Pelangi Karya Oki Setiana Dewi Serta Relevansinya dengan Materi PAI di SMP

Rambe, Nurtita Dewi (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Melukis Pelangi Karya Oki Setiana Dewi Serta Relevansinya dengan Materi PAI di SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB I (4).pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (4).pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Melukis Pelangi karya Oki Setiana Dewi serta mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Melukis Pelangi karya Oki Setiana Dewi dengan materi PAI di SMP. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustaakaan atau library research dengan pendekatan content analysis. Oleh karena itu, penulis mengumpulkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Melukis Pelangi karya Oki Setiana Dewi. Dengan demikian akan ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam novel Melukis Pelangi serta relevansinya dengan materi PAI di SMP. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Melukis Pelangi karya Oki Setiana Dewi meliputi : nilai-nilai karakter terhadap Tuhan terdiri dari beriman kepada Allah, taat, berdzikir, berdoa, tawakkal, husnudzan, bersyukur, bersabar, ikhlas dalam beribadah, dan mengharap ridha Allah Swt. Nilai-nilai karakter terhadap diri sendiri terdiri dari nilai kejujuran, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan cinta ilmu. Nilai-nilai karakter terhadap sesama terdiri dari nilai sadar kewajiban dan hak diri dan orang lain, patuh pada aturan, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun dan demokratis. Nilai-nilai karakter terhadap lingkungan terdiri dari nilai menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Nilai-nilai karakter terhadap kebangsaan atau negara terdiri dari nilai nasionalisme dan menghargai keberagama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan, Karakter, Novel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:53
Last Modified: 01 Mar 2023 05:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17892

Actions (login required)

View Item View Item