Analisis Sentimen Pada Review Pengguna ECommerce Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: Shopee)

Zukhoiriyah, Dinda (2022) Analisis Sentimen Pada Review Pengguna ECommerce Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: Shopee). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (3).pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB I (5).pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ulasan produk merupakan salah satu sumber informasi tentang kualitas produk dan sangat berpengaruh pada konsumen dan produsen. Menghadapi jumlah data yang besar dan sangat banyak untuk setiap produk pada sebuah toko di Shopee, menganalisis dan menyimpulkan informasi secara manual membutuhkan waktu lama dan tidak efektif. Sistem analisis sentimen dibutuhkan untuk mengekstrak informasi penting dan membangun sistem yang dapat menentukan kualitas produk secara objektif dan menangani informasi teks yang besar. Sistem analisis sentimen memiliki beberapa tahap yairu crawling, preprocesssing, pembobotan kata, dan klasifikasi sentimen. Penulis menggunakan API untuk mengumpulkan data dan melakukan simulasi dengan menggunakan 600 data review pada website Shopee untuk menghasilkan sentimen positif dan negatif. Dataset dibagi menjadi dua yaitu data latih dan data uji dengan pembagian 400 data latih dan 200 data uji dari total dataset. Klasifikasi sentimen data latih dilakukan dengan menggunakan metode Lexicon Based. Pada pelabelan ini melakukan secara otomatis dengan metode menghitung skor nilai sentimen memakai kamus Lexicon. Penelitian ini menggunakan klasifikasi dengan Algoritma Naïve Bayes menggunakan pengujian confusion matrix untuk mendapatkan hasil accuracy, presision dan recall. Hasil pengujian menunjukkan nilai accuracy sebesar 99,5%, precision sebesar 99,49%, recall sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan metode klasifikasi algoritma Naïve Bayes cukup relevan meskipun akurasi nya belum 100%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Lexicon Based, Naïve Bayes, Review, Shopee
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:14
Last Modified: 01 Mar 2023 03:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17881

Actions (login required)

View Item View Item