Analisis Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Pembelian Impulsif Pada Binjai Supermall

Muflih, T. Fadlanil (2018) Analisis Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Pembelian Impulsif Pada Binjai Supermall. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul karena meningkatnya pembelian impulsif pada ritel modern di Indonesia. Sebelum melakukan pembelian suatu produk biasanya konsumen akan merencanakan terlebih dahulu tentang produk yang akan dibelinya, jumlah anggaran, tempat pembelian, dan lain sebagainya. Keinginan membeli suatu produk bisa datang tiba-tiba karena berbagai alasan situasional. Faktor situasional yang terdiri dari lingkungan fisik, lingkungan sosial, perspektif waktu dan suasana hati merupakan beberapa faktor yang dapat mendorong perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pengaruh faktor situasional terdiri dari lingkungan fisik, lingkungan sosial, perspektif waktu, dan suasana hati terhadap pembelian impulsif pada Binjai Supermall. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 konsumen Binjai Supermall. Instrumen pengumpulan data digunakan yaitu kuesioner. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah accidental sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa variabel lingkungan sosial dan suasana hati memiliki pengaruh pada pembelian impulsif pada Binjai Supermall. Variabel lingkungan fisik dan perspektif waktu tidak memiliki pengaruh pada pembelian impulsif pada Binjai Supermall. Hasil uji F (uji simultan) menunjukkan hasil bahwa variabel lingkungan fisik, lingkungan sosial, perspektif waktu, dan suasana hati berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada Binjai Supermall. Dari uji determinasi nilai R square sebesar 0,873. Hal ini menyatakan bahwa variabel terikat pada pembelian impulsif mampu dijelaskan oleh variabel bebas yakni lingkungan fisik, lingkungan sosial, perspektif waktu dan suasana hati sebsesar 87,3% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 09:12
Last Modified: 28 Feb 2023 09:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17880

Actions (login required)

View Item View Item