Azzahra, Yusnita Nurul (2021) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme pada Materi Lingkaran di Kelas XI IPA MAS Al Kautsar Al-Akbar Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER (4).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I (3).pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB II (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V (3).pdf Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa berbasis konstruktivisme pada materi lingkaran di kelas XI IPA MAS Al-Kautsar Al-Akbar Medan yang memiliki validitas dan kepraktisan yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas dan uji kepraktisan. Validasi dilakukan oleh dua orang validtor yaitu satu ahli materi dan satu ahli media. Kepraktisan LKS diuji pada satu orang guru matematika dan 28 orang siswa kelas XI IPA MAS Al-Kautsar Al-Akbar Medan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKS, dan lembar kepraktisan LKS. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data walktrough (panduan) dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan,dan kepraktisannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) LKS berbasis konstruktivisme di Kelas XI IPA MAS Al-Kautsar Al-Akbar Medan termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek relevansi, keakuratan, dan kesesuaian sajian dengan tuntutan pembelajaran yang terpusat pada siswa dengan persentase diatas 90%, dan (b) LKS berbasis konstruktivisme di kelas XI IPA MAS Al-Kautsar Al-Akbar Medan termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase diatas 94% dari aspek kemudahaan penggunaan, kemenarikan sajian dan manfaat.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Konstruktivisme |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 09:14 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 09:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17877 |
Actions (login required)
View Item |