Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara Tahun Pelajaran 2020

Sambo, Intan Curratuaini (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara Tahun Pelajaran 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1_ COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2_ BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring pada masa covid-19 dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara. (2) Kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa covid-19 dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara. (3) Efektivitas pembelajaran daring pada masa covid-19 dalam pembelajaran bahasa Indonesia dikelas III SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara bagi siswa. Metode penelitian deskriptif-kualitatif difokuskan pada permasalahan atas dasar fakta yang dilakukan dengan cara pengamatan/observasi, wawancara, dan mepelajari dokumen-dokumen. Lokasi dalam penelitian ini akan dilakukan di SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara, kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara dengan jangka waktu penelitian ialah ± 2 minggu. Teknik pengumpulan data ialah dengan kuisioner, wawancara, dan pengambilan dokumentasi. Model analisis data menggunakan metode analisis data Model Miles dan Huberman, dimana terdapat tiga cara, yaitu : (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Kesimpulan atau Verifikasi. Adapun teknik pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi. Hasil kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa keefektivitasan pelaksanaan pembelajaran daring di kelas III SDN 2 Lawe Loning Aceh Tenggara kurang efektif, terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa hanya diberikan tugas mengerjakan soal-soal evaluasi dan hanya sesekali praktik, dan guru pun tidak tahu apakan siswa benar-benar paham atau tidak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:59
Last Modified: 28 Feb 2023 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item