Pemanfaatan Program Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR) Dalam Meningkatkan Kesadaran Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA) Langkat

Artika, Rina (2022) Pemanfaatan Program Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR) Dalam Meningkatkan Kesadaran Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA) Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
VCover Rina Artika.pdf

Download (229kB)
[img] Text
VBAB I Rina Artika.pdf

Download (136kB)
[img] Text
VBAB II Rina Artika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
VBAB III Rina Artika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
VBAB IV Rina Artika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
VBAB V Rina Artika.pdf

Download (54kB)
[img] Text
VDaPus Rina Artika.pdf

Download (882kB)

Abstract

Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA) yakni salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang siap membantu para perempuan untuk mengetahui bagaimana cara deteksi dini kanker payudara. Dalam salah satu programnya yakni Hak Kesehatan seksual reproduksi (HKSR) mengangkat kepedulian kepada perempuan dengan cara mengenalkan periksa payudara sendiri (SADARI). Program Sadari ini bermanfaat agar masyarakat melakukan pemeriksaan yang rutin pada payudara berguna untuk mendeteksi sedini mungkin adanya kanker payudara ataupun tumor, yang mana seringkali penderita mengetahui jika dirinya terkena kanker payudara di stadium lanjut, hal ini sangat menyulitkan pada proses peyembuhan. Diskusi tentang periksa payudara sendiri (SADARI) dilakukan oleh seorang staf perkumpulan sada ahmo (PESADA) dan tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat. Selain itu, program yang di usung oleh perkumpulan sada ahmo (PESADA) ini memfasilitasi tentang pendidikan mengenai kesehatan-sosial, penyadaran perempuan harus bisa dan sanggup mengelola ekonomi keluarga, penguatan mental perempuan dalam menangani permasalahan dalam keluarga, serta pendampingan permasalahan yang dialami perempuan seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelecehan seksual dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui manfaat program hak kesehatan seksual reproduksi dalam peningkatan kesadaran deteksi dini kanker payudara pada perkumpulan sada ahmo langkat. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pengetahuan anggota yang sudah mendapat kegiatan penyuluhan mengenai kepahaman akan manfaat deteksi dini kanker payudara sudah cukup baik, sarana dan prasarana dalam kegiatan penyuluhan yang dilakukan dinilai berlum memadai, serta dana yang digunakan dalam kegiatan penyuluhan didapat dari simpanan sukarela anggota perkumpulan sada ahmo (PESADA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program, Early Detection, Counseling
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:28
Last Modified: 27 Feb 2023 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

View Item View Item