Pengaruh Iklan,Konformitas dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Menurut Etika Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU)

Hasibuan, Ismi Khoiriah (2022) Pengaruh Iklan,Konformitas dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Menurut Etika Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumen yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU dalam membeli produk/layanan jasa.Terdapat perilaku konsumen yang tidak sesuai dengan etika konsumsi dalam Islam.Perilaku konsumtif adalah suatu kecenderungan manusia untuk melakukan konsumsi tiada batas, dimana manusia lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku konsumtif dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : iklan, konformitas,dan gaya hidup.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, konformitas, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU angkatan 2018.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling.Responden yang menjadi sampel ini sebanyak 73 orang.Hasil dari uji t disimpulkan bahwa variabel iklan, konformitas, gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Berdasarkan uji ANOVA, F-hitung diperoleh sebesar 45.579 lebih besar dari F-tabel (2,73), disimpulkan bahwa iklan, konformitas dan gaya hidup berpengaruh secara simultan terhadap perilku konsumtif mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UINSU.Ditinjau berdasarkan etika ekonomi Islam perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa Jurusan ekonomi ternyata tidak sesuai dengan teori etika ekonomi Islam khususnya etika konsumsi Islam karena masih terdapat sebagian mahasiswa yang suka menghambur-hamburkan uang dengan berbelanja tidak sesuai kebutuhan atau lebih mengutamakan keinginan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan. Konformitas, Gaya Hidup, Etika Ekonomi Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:29
Last Modified: 24 Feb 2023 05:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17752

Actions (login required)

View Item View Item