Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dan Superitem Pada Siswa Kelas VIII SMP Cerdas Murni Tembung T.A. 2021-2022

Clarisa, Clarisa (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dan Superitem Pada Siswa Kelas VIII SMP Cerdas Murni Tembung T.A. 2021-2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_ CLARISA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I_ CLARISA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II_ CLARISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III_ CLARISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV_ CLARISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V_ CLARISA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ CLARISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dan Supertiem Pada Siswa Kelas VIII SMP Cerdas Murni Tembung T.A 2021/2022”, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dikarenakan oleh berbagai faktor salah satunya siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan dan kegiatan pembelajaran, yang berlangsung dikelas telihat monoton. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Cerdas Murni Tembung yang berjumlah 112 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini 2 kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan jumlah masing- masing siswa yaitu 30 dan 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal item berbentuk uraian, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil Post Test kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dikategorikan baik dengan perolehan skor mean sebesar 74,70, standar deviasi 7,8965, varians 62,3552, skor terbesar 93 dan terkecil 64. 2) Hasil Post Test kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Superitem dikategorikan cukup baik dengan perolehan mean sebesar 68,89, standar deviasi 9,8775, varians 97,5641, skor terbesar 91 dan skor terkecil 56. 3) thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu (2,464 > 2,009).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran (Treffinger dan Superitem).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:39
Last Modified: 24 Feb 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17744

Actions (login required)

View Item View Item