Septia, Anggi (2022) Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Mts Negeri 2 Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI ANGGI SEPTIA .pdf Download (664kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI ANGGI SEPTIA.pdf Download (603kB) |
|
Text
BAB 2 SKRIPSI ANGGI SEPTIA.pdf Download (902kB) |
|
Text
BAB 3 SKRIPSI ANGGI SEPTIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
|
Text
BAB 4 SKRIPSI ANGGI SEPTIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
|
Text
BAB 5 SKRIPSI ANGGI SEPTIA.pdf Download (360kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ANGGI SEPTIA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Prestasi belajar di Indonesia termasuk ke dalam kategori rendah. Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru. Sarapan merupakan pasokan energi untuk otak yang paling baik agar dapat berkonsentrasi di sekolah. Sarapan dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh dikarenakan sarapan mampu memberikan berbagai macam zat gizi yang diperlukan tubuh. Adanya zat gizi tersebut sangat berguna dalam proses fisiologis yang berpengaruh pada peningkatkan gairah dan konsentrasi belajar sehingga berdampak positif untuk meningkatkan produktivitas dalam proses belajar. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Hubungan Sarapan Pagi Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar pada siswa MTsN 2 Langkat. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Langkat sebanyak 219 orang dengan jumlah sampel 45 responden menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data berupa pengisian kuesioner, formulir food record, pengukuran berat badan dan tinggi badan, serta dokumentasi rata-rata nilai rapor. Pengolahan data meliputi editing, coding, entry, dan cleaning. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil : Uji statistik yang diperoleh didapatkan hasil menunjukkan ada hubungan kebiasaan sarapan pagi dan status gizi dengan prestasi belajar dengan nilai p-value=0,0001 (p=<0,05). Kesimpulan : Pada penelitian ini ada Terdapat hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar dan Terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada siswa MTsN 2 Langkat kelas VIII tahun 2022.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Kebiasaan Sarapan Pagi, Status Gizi. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:19 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:19 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17741 |
Actions (login required)
View Item |