Pengembangan Instrumen Tes HOTS (Higher Thinking Skill) Berbasis Pendekatan Etnomatematika Kelas IX SMP N 1 Pakantan

Jasaputri, Dinda (2022) Pengembangan Instrumen Tes HOTS (Higher Thinking Skill) Berbasis Pendekatan Etnomatematika Kelas IX SMP N 1 Pakantan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Dinda Jasaputri_0305182142-14-27.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II Skripsi Dinda Jasaputri_0305182142.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III skripsi Dinda Jasaputri_035182142.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Dinda Jasaputri_0305182142.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Skripsi Dinda Jasaputri_0305182142-1-2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Lampiran .pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan terjadinya degradasi pengetahuan budaya gordang sambilan yang dikarenakan terbatasnya instrumen evaluasi HOTS dan berbasis etnomatematika yang digunakan guru saat pembelajaran. Sehingga, penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Tahapan pengembangan instrumen tes HOTS berbasis pendekatan etnomatematika kelas IX SMP N 1 Pakantan, (2) Kevalidan instrumen tes HOTS kelas IX SMP N 1 Pakantan, (3) Kepraktisan dan keefektifan instrumen tes HOTS berbasis pendekatan etnomatematika kelas IX SMP N 1 Pakantan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 Pakantan berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Tahapan pengembangan instrumen tes HOTS berbasis pendekatan etnomatematika dilakukan dengan 5 tahapan, yaitu: a) tahapan analysis, menganalisis kebutuhan siswa dan menganalisis instrumen tes yang digunakan guru saat pembelajaran untuk mendapatkan informasi terkait masalah dan kebutuhan pengembangan instrumen tes HOTS ini, b) design, kegiatan merancang instrumen tes yang akan dikembangkan dan menyusun instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan dan keefektifan, serta angket respon analisis kebutuhan siswa, c) development, mengembangkan produk yang telah dibuat dengan melakukan perbaikan sesuai saran tim ahli, dan memvalidasikan produk kepada validator, d) implementation, mengujicobakan produk kepada subyek penelitian serta melakukan penilaian kepraktisan dan keefektifan oleh siswa dan guru matematika, e) evaluation, mengevaluasi hasil uji coba produk serta melakukan analisis data dari hasil penilaian kepraktisan dan keefektifan instrumen tes yang dikembangkan. (2) Produk instrumen tes HOTS berbasis pendekatan etnomatematika berada pada kategori sangat valid dengan persentase 88,07%. (3) Produk instrumen tes HOTS berbasis pendekatan etnomatematika berada pada kategori praktis dengan persentase 72,3% dan efektif dengan persentase 76%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, HOTS (Higher Order Thinking Skill), Etnomatematika, Gordang Sambilan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:34
Last Modified: 24 Feb 2023 03:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item