Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI Dalam Memahami Materi Integral Dengan Menggunakan Media Visual Di SMA Muhammadiyah 01 Medan

Febrianti, Auliya (2022) Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI Dalam Memahami Materi Integral Dengan Menggunakan Media Visual Di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI AULIYA FEBRIANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan dalam memahami materi integral menggunakan media visual sering dialami oleh siswa, hal ini disebabkan penggunaan media visual yang tidak tepat, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi integral dijelaskan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa kelas XI tentang materi integral, dan penggunaan media visual dalam pembelajaran tentang materi integral, serta jenis kesulitan apa yang dirasakan siswa pada saat memahami materi integral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memanfaatkan data observasi, tes tertulis, wawancara, dan pengkajian dokumentasi. Langkah yang ditempuh dalam menganalisis data adalah menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan, serta melakukan uji kehabsahan data dengan triagulasi crosscheck dan triagulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari jawaban siswa pada tes tertulis, dari 7 indikator pemahaman hanya ada 1 indikator saja yang terpenuhi, yaitu indikator menyatakan ulang sebuah konsep. Penggunaan media visual sudah cukup baik, hanya saja ada beberapa tahapan yang tidak dilaksanakan, seperti tahapan merumuskan tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media dan juga langkah evaluasi pengajaran. Terdapat tiga jenis kesulitan yang dialami oleh siswa pada saat memahami materi integral dengan menggunakan media visual, yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa, Memahami Materi Integral, Media Visual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:41
Last Modified: 23 Feb 2023 03:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item