Peningkatan Literasi Membaca dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SKI Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Serdang Bedagai

Matondang, Putri Asri Ainun Adlin (2022) Peningkatan Literasi Membaca dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SKI Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover, termasuk cover, lembar pengesahan, lembar persetujuan, pernyataan keaslihan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Dan Lampiran FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan berjudul “Peningkatan Literasi Membaca Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ski Menggunakan Metode Survey,Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri Serdang Bedagai”, yang dilatar belakangi dari hasil pra tindakan berupa wawancara dan survei peneliti terhadap guru mata pelajaran SKI Ibu Wahyuni S.Pd.I dan beberapa siswa kelas VIII MTs Negeri Serdang Bedagai diketahui bahwa hasil belajar dan literasi membaca siswa masih rendah dibuktikan dengan data penilaian Evaluasi Hasil Belajar KD di semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022, yakni dari 36 siswa yang mengikuti proses belajar masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, hanya sekitar 9 orang siswa yang mencapai KKM. Selain masih rendahnya pencapaian KKM juga masih banyak siswa yang ketika dijelaskan belum merasa paham, karena rendahnya literasi membaca siswa. Metodologi menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Metode pengumpulan data lembar observasi, angket, evaluasi nilai siswa, ujian tertulis. Hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran menggunakan metode SQ3R adalah pada siklus I dapat dilihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semangkin meningkat dalam siklusnya, yaitu nilai rata-rata siklus I 64,29 menjadi 80,73 di siklus peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II mencapai 16,44. Dari siklus 1 perolehan nilai hasil tes msih di bawah nilai KKM 75 sedangkan di siklus II siswa meningkat hampir semuanya mencapai nilai KKM ≥75 Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pendekatan pembelajran yang berpusat pada peserta didik, layaknya diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran SKI.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Metode SQ3R, Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:50
Last Modified: 22 Feb 2023 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17694

Actions (login required)

View Item View Item