Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Gema Buwana Kecamatan Percut Sei Tuan

Damanik, Nurul Nazmi (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Gema Buwana Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar, sehingga dapat melatih keterampilan berpikir peserta didik, sehingga perlu adanya bahan ajar yang membuat peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah LKPD berbasis Guided Inquiry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan bahan ajar LKPD berbasis guided inquiry pada materi sistem pernapasan kelas XI SMA Gema Buwana Percut Sei Tuan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Uji coba penelitian dilakukan pada kelas XI SMA IPA-I dan IPA-II Gema Buwana Percut Sei Tuan. Validasi LKPD berbasis guided inquiry diukur menggunakan lembar validasi. Validasi materi LKPD yang telah dikembangkan sebesar 80 dikategorikan Layak, validasi media sebesar 84% dikategorikan Sangat Layak. Kepraktisan LKPD diukur menggunakan lembar validasi kepraktisan lapangan dan angket respon peserta didik. Berdasarkan validasi kepraktisan persentase kepraktisan LKPD sebesar 94,8% dikategorikan Sangat Praktis. Dan angket respon peserta didik sebesar 81,79% untuk kelas IPA-1, 87,30% untuk kelas IPA-II dikategorikan Sangat Praktis. Keefektifan LKPD diukur dengan uji gain ternormalisasi Skor N-Gain sebesar 0,71 untuk kelas XI IPA-I dan 0,74 untuk IPA-II kedua kelas tersebut pada kategori Efektif karena N-Gain > 0,7.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:14
Last Modified: 22 Feb 2023 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17686

Actions (login required)

View Item View Item