Pengembangan media puzzle untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Siswa pada Kelas II di SDN 0211 Pangirkiran

Tamba, Syamsi Husnidar (2022) Pengembangan media puzzle untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Siswa pada Kelas II di SDN 0211 Pangirkiran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi Syamsi Husnidar Tamba.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Syamsi Husnidar Tamba.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Syamsi Husnidar Tamba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Syamsi Husnidar Tamba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Syamsi Husnidar Tamba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Syamsi Husnidar Tamba.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Siswa pada Kelas II di SDN 0211 Pangirkiran”, yang dilatarbelakangi bahwa kualitas membaca siswa cukup baik namun masih ada sebagian yang belum bisa dalam arti kata siswa hanya mengenal huruf dan tidak bisa menggabungkan saat dijadikan menjadi sebuah kalimat. Padahal, tuntutan kurikulumnya harus bisa membaca dan menulis huruf tegak bersambung. Metodologi penelitian yang menggunakan media pembelajaran puzzle huruf acak yang dibarengi media huruf dan gambar. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SDN 0211 Pangirkiran dengan jumlah siswa 13 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan sistem wawancara, observasi lapangan dan angket untuk validasi media pembelajaran puzzle huruf dan media huruf berurut yang disertai dengan gambar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terjadi peningkatan pada kualitas membaca siswa kelas II SDN 0211 Pangirkiran, (2) sistematis pembelajaran yang sedikit berbeda dari biasanya membuat siswa lebih aktif saat pembelajaran, (3) dapat memperkenalkan kepada siswa media pembelajaran puzzle huruf, (4) sistem pembelajaran berlangsung dengan metode bermain sambil belajar. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran puzzle huruf acak layak diterapkan oleh guru sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas membaca siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:12
Last Modified: 22 Feb 2023 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17646

Actions (login required)

View Item View Item