Mutia, Azrina (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Pop-Up Di Raudhatul Athfal Hidayatus Shibyaan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
FINAL SKRIPSI AZRINA MUTIA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perilaku sosial merupakan salah satu perilaku yang menunjukkan adanya suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Perilaku ini secara naluriah dimiliki manusia karena kebutuhannya untuk dapat berinteraksi dengan orang lain. Perilaku sosial menjadi salah satu satu faktor yang teramat penting untuk dikaji terutama karena perilaku ini berkaitan dengan bagaimana seseorang memberikan respons atau menanggapi orang lain dalam melakukan aktivitas. Anak akan mempelajari perilaku sosial untuk menyesuaikan diri terhadap situasi sosial dari melihat teman sebayanya. Pada anak-anak, interaksi tersebut dapat berupa perilaku yang ditunjukannya terhadap orang lain dalam hubungan sosial anak dengan orang-orang di sekitarnya. Melalui interaksi, anak-anak akan belajar memahami perasaan satu sama lain dan menghargai keberbedaan orang-orang di sekitanya. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Aceh Singkil. Penentuan lokasi penelitian didasarkan atas pertimbangan peneliti memperoleh informasi melalui observasi diketahui bahwa terdapat permasalahan interaksi sosial teman sebaya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Aceh Singkil. penelitian ini terdiri dari data observasi lapangan, yaitu anak-anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian akan menggunakan sampel penuh yaitu seluruh anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Aceh Singkil. Anak yang berusia 4-5 tahun yang berjumlah 36 anak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Interaksi teman sebaya mampu mempengaruhi perilaku sosial sebesar 85,5% sisanya sebesar 100% - 85,5% = 14,5% dijelaskan oleh variabel atau faktor lainnya. Diketahui nilai F hitung 199,681 dan nilai Sig. adalah 0,000. Diketahui nilai F hitung 199,681 > F tabel 4,13 dan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05, maka interaksi teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi teman Sebaya, Perilaku Sosial |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:18 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:18 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17631 |
Actions (login required)
View Item |