Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana pada Perpustakaan Sekolah di MAN Asahan

Ulhaq, Nafila Zendhia (2022) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana pada Perpustakaan Sekolah di MAN Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER -1-15.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NAFILA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NAFILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NAFILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NAFILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NAFILA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NAFILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana pada Perpustakaan Sekolah di MAN Asahan” yang bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana pada perpustakaan MAN Asahan mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pengawasan, dan penghapusan sarana dan prasarana perpustakaan di MAN Asahan. Dilatarbelakangi bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah tidak terlalu diperhatikan sehingga tidak terpenuhinya sarana dan prasarana pada perpustakaan sekolah. Padahal dengan terlaksananya manajemen sarana dan prasarana pada perpustakaan dengan baik dapat menghasilkan banyak manfaat bagi sekolah terutama prestasi yang bisa dicetak oleh perpustakaan itu sendiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, kepala madrasah, wakabid sarana dan prasarana serta wakabid kurikulum (humas). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, analisa data, penyajian data dan penarikan kesimpulan disertai dengan pengecekan uji keabsahan data dengan teknik credibility yang di dalamnya termasuk Triangulasi, Transferability, Dependability dan Confirmability Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan sarana dan prasarana perpustakaan dilakukan dengan cara melakukan analisis kebutuhan dan skala prioritas sarana dan prasarana yang dibutuhkan di perpustakaan dengan berdasarkan pada standar perpustakaan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 24 tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). (2) pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan yang dilakukan oleh kepala perpustakaan MAN Asahan dengan cara mengajukan proposal pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan kepada wakabid sarana dan prasarana yang kemudian diteruskan kepada kepala tata usaha dan dibentuklah tim pengadaan sesuai dengan arahan kepala madrasah. (3) pemeliharaan sarana dan prasarana perpustakaan dilakukan oleh kepala perpustakaan beserta staf yang kemudian dibantu oleh beberapa pihak termasuk di antaranya wakabid sarpras dan seluruh komponen pengguna sarana dan prasarana sehingga apabila terjadi kerusakan yang membutuhkan pemeliharaan dapat segera diatasi sesuai laporan yang diterima. (4) pengawasan sarana dan prasarana perpustakaan dilakukan oleh kepala perpustakaan dengan melakukan pengawasan sehari-hari lalu melaporkannya kepada kepala madrasah secara berkala. (5) penghapusan sarana dan prasarana perpustakaan dilakukan dengan cara kepala perpustakaan membuat daftar barang yang akan dihapuskan lalu mengajukan proposal penghapusan kepada wakabid sarpras agar segera dilakukan penghapusan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, sarana dan prasarana, dan perpustakaan.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:06
Last Modified: 21 Feb 2023 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17630

Actions (login required)

View Item View Item