Hubungan Intensitas Pencahayaan Dengan Keluhan Mata Pada Pekerja Jasa Service handphone Di Toko Graha Station Plaza Millenium Medan

Faradhila, Reika (2022) Hubungan Intensitas Pencahayaan Dengan Keluhan Mata Pada Pekerja Jasa Service handphone Di Toko Graha Station Plaza Millenium Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (512kB)
[img] Text
2. bab 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (474kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (299kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf

Download (337kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (866kB)

Abstract

Pencahayaan ruangan, khususnya ditempat kerja yang kurang memenuhi persyaratan tertentu dapat memperburuk penglihatan dan menjadi beban tambahan bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan intensitas pencahayaan terhadap keluhan mata pada pekerja jasa Service handphone di Toko Graha Station Plaza Millenium Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Penelitian ini dilakukan di 3 Toko yang ada di Graha Station Plaza Millenium, Jalan Kapten Muslim, Plaza Millenium, Lantai Dasar No. 12 Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja jasa Service handphone di Toko Graha Station Plaza Millenium yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan penelitian ini, menunjukkan ada hubungan intensitas pencahayaan dengan keluhan mata responden dengan p-value = 0,000 ( p-value < 0,05). Oleh karena itu, diharapkan bagi pemilik toko untuk menaikkan intensitas cahaya pada ruangan hingga mencapai intensitas yang baik serta pekerja harus menjaga posisi mata dengan jarak yang ideal yaitu 30-40 cm saat melakukan pekerjaan dengan objek yang sedang dikerjakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Pencahayaan; Keluhan Mata; Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:55
Last Modified: 04 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item